Latest courses

3-tag:Courses-65px

WAKILI KAB. CIAMIS, 2 ORANG PELAJAR LOLOS SELEKSI PASKIBRAKA TK. PROV. JAWA BARAT TAHUN 2023

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka disingkat Paskibraka merupakan orang - orang pilihan dari setiap sekolah/wilayah di seluruh Indonesia, untuk Seleksi Paskibraka di tingkat Kabupaten Ciamis merupakan siswa/i pilihan dari tiap sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di kabupaten Ciamis. Mereka yang mengikuti  ekstrakulikuler PASKIBRA di sekolahnya berhak mengikuti seleksi Paskibraka di Tingkat Kabupaten Ciamis. Walaupun tidak menutup kemungkinan yang tidak mengikuti Ekstrakurikuler Juga bisa ikut dalam seleksi Paskibraka, peserta seleksi Calon Paskibraka adalah siswa/i terpilih yang mempunyai kemampuan lebih dari yang lainnya.

Diera globalisasi mulai terjadi lunturnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Zaman semakin berkembang namun pemahaman ideologi Pancasila di generasi muda dan masyarakat semakin turun.


Dengan dibentuknya Paskibraka Tahun 2023, diharapkan agar aktualisi nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan akan terus terawat. Paskibraka tidak hanya mempunyai kelebihan di dalam fisiknya, tetapi juga pemahaman tentang ideologi Pancasila juga harus baik karena nantinya akan menjadi Duta Pancasila."

Semula Program Paskibraka di Kabupaten Ciamis berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, namun di Tahun 2023 berdasarkan Perpres No. 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka. Program Paskibraka  beralih ke Bakesbangpol.


Foto : Istimewa


Seleksi Paskibraka dilaksanakan secara bertahap, Mulai dari Tahap 1 sebanyak 450 Peserta, dan lolos sebanyak 150 peserta maka berhak ikut seleksi tahap 2. Seleksi tahap 2 dilaksanakan hari Sabtu, 11/03/2023. dimana pesertanya adalah yang lolos tahap I dengan jumlah 150 orang, di ambil 56 orang yang terdiri dari 52 orang di tingkat Kabupaten, dan 4 orang dikirim untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Adapun team seleksi Paskibraka di tingkat Kabupaten Ciamis terdiri dari berbagai unsur mulai dari unsur Kesbangpol, Polri, TNI dan unsur PPI.


Utusan Kabupaten Ciamis mengikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Barat.

4 orang siswa/i Perwakilan dari kabupaten Ciamis yang berhak mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Barat terdiri dari 2 orang putri dan 2 orang putera atas nama :

Putera :
1. Ronal Arya Dwiansyah SMAN 1 Ciamis
1. Farrel Pramudya P.W SMAN 1 Ciamis

Puteri :
1. Keisya Fajriani ( SMAN 1 Ciamis)
2. Salpa Safira (SMAN 1 Cihaurbeuti).

Adapun seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan pada hari Senin sampai Rabu (15-17/05/2023) bertempat di Dodik Bela Negara Lembang Bandung.
2 Orang perwakilan Kabupaten Ciamis dinyatakaan lolos menjadi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dan berhak mengikuti Pemusatan Latihan  Paskibraka di Bandung Pada bulan Agustus mendatang Yakni :

1. Farrel Pramudya P.W (SMAN 1 Ciamis)
2. Keisya Fajriani ( SMAN 1 Ciamis)




~ Nurcholis/04.0920.21 ~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAKILI KAB. CIAMIS, 2 ORANG PELAJAR LOLOS SELEKSI PASKIBRAKA TK. PROV. JAWA BARAT TAHUN 2023"

Posting Komentar